4 Tips Anak Tidak Kecanduan Game

game

Di era yang menuntut ini, hampir semua orang menggunakan gadget. Ada yang menggunakannya untuk bekerja, belajar, menonton film atau bermain game pinslot. Gadget memudahkan untuk melakukan apapun. Di satu sisi, yang harus Anda lakukan hanyalah mengatakan “Ok, mode belanja Google” dan semuanya sudah siap. Meski gadget menawarkan berbagai kelebihan, tentu ada juga kekurangannya. Dengan adanya gadget di mana-mana, mengurangi waktu anak bermain gadget sepertinya lebih sulit.

Anak-anak yang sudah terbiasa dengan orang-orang yang menggunakan gadget di sekitarnya pasti ingin menggunakannya juga. Apalagi jika orang tua mendukungnya, gadget semacam itu akan membantu anak tetap tenang saat orang tua sibuk bekerja atau anak ingin makan sambil ditemani kartun kesayangannya.

Namun, sangat penting untuk menetapkan batasan. Anak-anak tidak boleh terlalu lama menatap layar ponsel atau komputer. Jadi cobalah tips yang dibagikan oleh WebMD untuk menjauhkannya dari perangkat tersebut setidaknya untuk sementara.

1. Jangan berikan tablet atau smartphone sendiri kepada anak-anak

“Berinteraksilah dengan anak-anak Anda. Lakukan itu alih-alih memberi mereka perangkat elektronik,” kata profesor sosiologi kesehatan Harvard T.H. Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan Steven Gortmaker, PhD.

2. Tempatkan komputer dan televisi di ruang bersama

Menempatkannya di dapur, ruang tamu, atau keluarga memudahkan untuk melacak program yang ditonton, permainan yang dimainkan, dan situs web pinslot  yang dikunjungi.

3. Buat batas waktu pemakaian

Ketika aturannya jelas dan konsisten, Anda tidak perlu berdebat dengan anak Anda setiap hari untuk memberi tahu mereka bahwa sudah waktunya mematikan TV, komputer, atau ponsel. “Pada usia berapa pun, anak-anak harus tahu bahwa ada waktu-waktu tertentu ketika mereka tidak boleh bermain gadget, seperti saat makan dan sebelum tidur,” ujar Hill. Lebih baik lagi, luangkan waktu untuk keluarga setiap minggu untuk melakukan sesuatu yang menyenangkan bersama—perangkat tidak diperbolehkan.

4. Amati seberapa sering Anda menggunakan perangkat Anda sendiri

Jika Anda selalu menggunakan gadget, anak-anak tidak punya alasan untuk berhenti menatap layar ponsel atau komputer mereka. Mereka juga memengaruhi waktu yang Anda habiskan bersama anak-anak Anda. Peneliti yang mempelajari keluarga di restoran cepat saji menemukan bahwa orang tua seringkali lebih fokus pada ponsel mereka daripada anak-anak di depan mereka.

Exit mobile version