Simak 4 Jurusan Kuliah Ini Paling Dicari Perusahaan

Kuliah

Kuliah ditujukan untuk memperoleh masa depan cerah di dunia industri. Dunia industri memerlukan keahlian tertentu yang sesuai agar mendukung performa produktivitas industri. Ada beberapa jurusan kuliah ini paling dicari perusahaan yang harus Anda ketahui.
Jurusan khusus tersebut punya lapangan kerja terbuka luas. Lapangan kerja yang luas memungkinkan mahasiswa yang sudah lulus bisa langsung bekerja. Walaupun setiap negara punya tren yang berbeda mengenai lapangan kerja.


Setidaknya informasi ini menjelaskan tren yang ada di Indonesia. Apabila Anda hendak berkuliah, penting untuk mengetahui jurusan apa saja yang paling banyak dicari. Fakta ini harus diketahui sebelum terjebak ke dalam situasi yang tidak dapat diperbaiki setelah lulus. Apa saja jurusan kuliahnya Anda dapat simak ini.


Daftar Jurusan Kuliah Paling Dicari Perusahaan 2023

Sebentar lagi kita akan menyambut pergantian tahun menjadi 2023. Pergantian tahun membuat Anda harus paham apa saja jurusan yang memiliki prospek kerja besar di tahun mendatang. Bahkan berdasarkan Detik, jurusan ini akan terus ramai pekerjaan hingga tahun 2025.


Anda pasti ingin tahu bukan apa saja jurusannya? Simak penjelasan berikut ini.

Digital Marketing

Hampir seluruh generasi milenial memiliki akun media sosial. Mereka senang mencari hiburan sampai berbelanja dari media sosial tersebut. Tidak heran kalau sebagian besar dari media sosial dimanfaatkan oleh pengusaha untuk beriklan.
Trend itu menyebabkan kebutuhan akan digital marketing menjadi tinggi. Anda yang suka dengan dunia design, pakai media sosial, dan buat video, cocok masuk ke jurusan Digital Marketing.
Di Indonesia ada Universitas yang memiliki jurusan Digital Marketing berakreditasi baik. Contoh dari Universitas yang menawarkan jurusan tersebut adalah Universitas Ciputra.
Seluruh mahasiswa dari jurusan ini akan mempelajari e-commerce, optimasi media sosial, strategi pemasaran, dan juga market analytics. Apabila memungkinkan Anda bisa coba ikut pertukaran pelajar ke luar negeri untuk memperoleh pengalaman maksimal.

Manajemen dan Bisnis

Hampir semua perusahaan akan membutuhkan lulusan manajemen dan bisnis. Maka dari itu jurusan ini punya peluang bekerja cukup banyak. Anda akan mempelajari materi manajemen dan bisnis yang berupa Business Analytics, Kewirausahaan, Manajemen Bisnis, dan juga Ilmu Manajemen. Tak hanya berpeluang masuk ke perusahaan, orang-orang lulusan jurusan ini juga berkesempatan untuk membuka bisnis sendiri.
Anda akan mempelajari bagaimana cara mengelola orang dari usaha kecil. Apabila Anda tertarik masuk ke jurusan itu, terdapat banyak pilihan. Contoh dari universitas yang memiliki jurusan Manajemen dan Bisnis yakni Binus, UI, IPB, dan ITB. Semua universitas tersebut masuk jajaran favorit di Indonesia. Passing Grade yang diperlukan juga cukup tinggi sehingga perlu belajar sungguh-sungguh.

Industrial Robotic Design

Kita semua tahu bahwa industri yang ada di seluruh dunia menuju ke sistem 4.0. Pada industri yang demikian akan lebih banyak memanfaatkan robot daripada tenaga manusia.
Tren itu membuat jurusan Industrial Robotic Design banyak dibutuhkan perusahaan. Jurusan ini akan berkutat pada pembuatan dari teknologi canggih otomatis. Siapapun yang ingin masuk dalam jurusan ini dapat mendaftar di UNS, ITS, maupun PENS. Di luar negeri pun jurusan Industrial Robotic Design juga banyak peminat.

Informatika

Jurusan lain yang berkaitan erat kerjasamanya dengan Industrial Robotic Design adalah Informatika. Jurusan ini akan banyak mengembangkan kecerdasan buatan yang sering dimasukkan ke dalam robot canggih.
Anda yang tertarik mengikuti Informatika dapat mendaftar ke UGM, Universitas Surabaya, ITB, dan Unair. Semuanya sudah dilengkapi dengan laboratorium memadai guna pengembangan robot canggih.
Itu tadi penjelasan mengenai jurusan yang punya prospek kerja tinggi. Kamu bisa sebarkan informasi yang berkaitan dengan jurusan kuliah ini paling dicari perusahaan kepada saudara dan teman juga.