Spesifikasi Lengkap Oppo Reno8 5G dan Harganya

game

Oppo Reno8 5G sudah rilis pada pertengahan Agustus bersama dengan Reno8 Series lainnya. Smartphone ini mempunyai spesifikasi yang lebih tinggi dan bagus dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yaitu Oppo Reno 7 5G yang dirilis pada bulan Maret 2022.

Salah satu contohnya terlihat dari bagian desain. Reno8 5G tampil dengan desain yang lebih segar dibanding pendahulunya, terutama pada bagian camera bump belakang. Ukurannya cukup besar dan menempel sampai sisi pojok atas dan kiri ponsel, terlihat lebih elegan.

Spesifikasi Lengkap Oppo Reno8 5G

Perilisannya yang sudah cukup lama membuat informasi mengenai spesifikasi HP ini lebih banyak dan lengkap. Bahkan hal-hal terkecil pun bisa didapatkan informasinya. Bagi yang penasaran dengan Reno8 5G, berikut ini spesifikasinya.

1. Spesifikasi Jaringan

Meskipun jaringan yang terpampang adalah 5G, tetapi Reno8 5G ini mempunyai jaringan lainnya yang bisa digunakan di Indonesia. Jaringan tersebut yaitu 2G, 3G, dan 4G. Di Indonesia sendiri belum tersedia jaringan 5G, sehingga yang akan sering dipakai pastinya jaringan 4G. 

2. Spesifikasi Body

Dimensi HP ini berukuran 160,0 x 73,4 x 7, 67 mm dengan berat 179 gram. Kaca depan terbuat dari Gorilla Glass 5, bagian belakang terbuat dari plastik, dan bingkai (frame) juga terbuat dari plastik. Bagian slot kartu tersedia dual SIM dengan ukuran nano-SIM dan sifatnya dual stan-by

Dual stan-by artinya keduanya bisa digunakan bersamaan tanpa terganggu dengan microSD karena HP ini tidak menyediakan slot untuk memori eksternal. Dilihat dari beratnya, HP ini akan terasa lebih ringan dibandingkan HP sekelasnya. Kebanyakan HP keluaran terbaru mempunyai berat antara 185-210 gram. 

Meskipun perbedaannya tidak terlalu jauh, tetapi untuk ukuran HP perbedaan tersebut akan cukup terasa. Dengan warna yang elegan yaitu shimmer gold dan shimmer black, tampilannya akan semakin bagus karena ukuran dan bobotnya nyaman digenggaman. 

Selain itu, bagian punggungnya masih menggunakan teknologi pelapisan warna cangkang glow desain sehingga membuat bagian ini tidak mudah pudar, tidak mudah ternoda oleh sidik jari, dan terasa kesat. Tampilannya pun akan mengkilap ketika terpapar cahaya, baik itu cahaya matahari maupaun cahaya lampu.

3. Spesifikasi Display

Jenis layar yang digunakan adalah AMOLED berukuran 6,4 inci dengan rasio screen to body sebesar 83,9%. Resolusi yang digunakan Full HD 1080 x 2400 piksel dengan rasio 20:9 dan kerapatannya 411 ppi. Layarnya pun sudah dilengkapi dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 5. 

Besaran refresh rate yaitu 90 Hz, touch sampling rate 180 Hz, dan tingkat kecerahan maksimumnya bisa sampai 800 nit. Kedalaman warna sebanyak 16,7 juta atau 8 bit. Tersedia fitur Ultra Touch Response sampai 1000 Hz yang hanya bisa digunakan ketika bermain game League of Legends Mobile dan PUBG Mobile.

Jadi, meskipun refresh rate-nya hanya 90 Hz, jika bermain kedua game di atas dapat menggunakan fitur tersebut untuk memperlancar touch response. Selain itu, sudah ada pemindaian sidik jadi di bawah layar untuk memudahkan ketika membuka kunci HP. 

4. Spesifikasi Hardware

Operasi sistem yang digunakan adalah Android 12 da ColorOS 12.1. Dua kombinasi ini akan membuat Reno8 mampu menampilkan berbagai fitur menarik. Contohnya seperti fitur Always on Display, Air Gesture untuk memudahkan melakukan navigasi tanpa menyentuh layar, dan mengubah tampilan notifikasi.

Selain itu, fitur flexing window, Smart Sidebar, Privacy Dashboard, mengatur privasi aspek, fitur antarmuka, dan yang lainnya bisa dilakukan pada HP ini dengan sistem operasi yang digunakan tersebut. 

Prosesor yang memberikan tenaga pada HP ini yaitu MediaTek Dimensity 1300 (6 nm). CPU yang digunakan Octa-core (1×3.0 GHz Cortex A78 & 3×2.6 GHZ Cortex A78 & 4×2.0 GHz Cortex A55). Pada bagian GPU yaitu Mali-G77 MC9. 

Performa ini yang dikombinasikan dengan kapasitas RAM 8 GB dan memori internal 256 GB akan membuat aktivitas multitasking maupun penyimpanan file terasa lancar. Sehingga HP ini cocok untuk bermain game, koleksi banyak foto dan video, serta pengguna yang sering melakukan beberapa aktivitas di HP secara bersamaan.

5. Spesifikasi Kamera Utama

Oppo Reno8 5G memiliki tiga kamera utama di bagian belakang. Kamera pertama berupa lensa wide mempunyai konfigurasi 50 MP dengan f/1.8 dan multi-directional PDAF. Kamera kedua berupa lensa ultrawide 8 MP dengan f/2.2. Kamera ketiga adalah lensa makro 2 MP dengan f/2.2.

Dengan spesifikasi ini, hasil foto dan videonya akan berkualitas bagus. Ditambah berbagai fitur yang dimilikinya. Di antaranya seperti Ultra HDR Video, Ultra Night Video, AI Portrait Retouching, Night Portrait, Portrait Mode, Hyperlapse, 960fps Al Slow Motion, dan lainnya.  

Selain itu, tersedia juga fitur panorama, HDR, dan Dual LED Flash. Semua fitur ini berfungsi untuk meningkatkan pengalaman fotografi dan videografi penggunanya. Baik dalam keadaan banyak cahaya maupun kurang cahaya hasil jepretannya akan tetap bagus dengan fitur-fitur tersebut.

Bagi pengguna yang suka membuat video slow motion, tidak perlu lagi mengedit di aplikasi lain ketika menggunakan Reno8 5G. Tersedia fitur video slow motion yang akan membuat videonya otomatis berjalan lambat seperti slow motion pada umumnya. Hasil videonya pun mempunyai tingkat kecepatan yang berbeda dari video biasanya.

Kualitas video yang dihasilkan maksimal 4K dengan kecepatan 30 fps dan setting default 1080p dengan kecepatan 60 fps. Bisa juga diatur untuk kualitas 1080p kecepatan 30 fps, 720p kecepatan 60 fps, 720p kecepatan 30 fps, dan gyro-EIS. Bagi video slow motion kualitasnya 1080p kecepatan 120 fps dan 720p kecepatan 240 fps. 

6. Spesifikasi Kamera Selfie

Belum cukup dengan kamera belakang, kamera selfie Reno8 5G juga mempunyai spesifikasi mumpuni sehingga menghasilkan kualitas yang bagus. Kamera selfie Reno8 5G berupa lensa wide yang mempunyai konfigurasi 32 MP dengan f/2.4. Tersedia fitur panorama dan HDR juga pada kamera depan ini.

Pengaturan default akan menghasilkan video dengan resolusi 1080p kecepatan 30 fps. Namun, bisa juga diatur untuk resolusi 720 kecepatan 30 fps. Bagi video dengan kualitas 1080p@30fps ada fitur stabilisasi video. Dengan fitur ini, hasil video akan tetap lebih stabil meskipun diambil ketika berjalan ataupun ada goyangan lainnya. 

Pada kemera belakang ada fitur slow motion, sementara pada kamera selfie ini tidak tersedia fitur tersebut. Kemudian untuk desainnya, kamera selfie ini dibenamkan dalam punch hole di bagian kiri atas HP. 

7. Spesifikasi Penyimpanan

Kapasitas penyimpanan Reno8 5G ini termasuk besar di kelasnya. Hanya ada satu pilihan kapasitas RAM dan dua pilihan kapasitas memori internal. Kapasitas RAM yang disediakan yaitu 8 GB dengan memori internal 128 GB dan 256 GB. Pengguna tidak bisa menambah penyimpanan dari eksternal karena tidak tersedia slot untuk microSD.

Jika masih merasa kurang untuk kapasitas RAM, pengguna bisa menambah kapasitasnya melalui fitur RAM Expansion. Jumlah kapasitas yang bisa ditambahkan maksimal 5 GB, sehingga kapasitas keseluruhan yang bisa dinikmati mencapai 13 GB. 

Meskipun tidak ada slot untuk memori eskternal, kapasitas 128 GB dan 256 GB sudah termasuk banyak. Pengguna bisa menyimpan ribuan foto dan video, serta berbagai aplikasi berat. Jika Anda sekiranya akan membutuhkan banyak penyimpanan, maka disarankan untuk memilih yang kapasitasnya 256 GB.

8. Spesifikasi Baterai

Jenis baterai yang digunakan pasa Reno8 5G adalah litium polimeri (Li-Po) yang tidak bisa dilepas. Kapasitasnya sebesar 4500 mAh dengan tetap menggunakan daya tahan awet. Dengan kapasitas sebesar ini, pengguna bisa menonton video streming HD nonstop selama berjam-jam.

Battery life ini pun mempunyai endurance rating hingga 105 jam. Sejumlah pengujian pernah dilakukan untuk mengetahui hal ini. Hasilnya bisa untuk browsing selama 15 jam, panggilan telepon 24 jam, pemutaran video playback hingga 18 jam. 

Kelebihan lain dari baterai Reno8 5G ini sudah dilengkapi teknologi fast charging dengan pengisian 80 watt. Dalam iklannya, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi 1-50% cukup dengan waktu minimal 11 menit saja. Sedangkan untuk pengisian 1-100% cukup dengan waktu minimal 28 menit. 

Kapasitas baterai yang besar dan teknologi fast charging menjadi perpaduan yang sangat bagus. Masih ada HP yang mempunyai kapasitas baterai 5000 mAh, tetapi tidak dilengkapi dengan teknologi fast charging

Para pengguna smartphone saat ini lebih suka membeli HP yang sudah memiliki fast charging agar tidak lama ketika pengisian daya. Apalagi orang-orang yang sibuk dan selalu menggunakan HPnya, menunggu pengisian daya berjam-jam itu akan sangat membosankan. 

Dengan waktu setengah jam saja untuk pengisian full, pengguna bisa menunggu tanpa sambil memainkannya. Sehingga kesehatan baterai akan lebih awet dan tidak mudah rusak. 

9. Fitur Konektivitas

Reno8 5G mempunyai fitur konektivitas yang terbilang hampir lengkap. Pertama, tersedia konektivitas WLAN yang terdiri dari WiFi 802.11 a/b/g/n/ac/6, WiFi direct, dan dual band. Kedua, untuk Bluetooth bisa terkoneksi dengan jenis Bluetooth 5.3, A2DP, LE, dan aptx HD.

Ketiga, pada fitur pengaturan posisi tersedia untuk jenis GPS, BDS, GLONASS, GALILEO, dan QZSS. Keempat, sudah tersedia fitur NFC. Kelima, USB yang digunakan adalah tipe C 2.0 dan OTG. 

Semua jenis konektivitas hampir semuanya ada kecuali radio. Namun meskipun tidak ada, saat ini sudah jarang sekali yang menggunakan fitur itu. Jadi tidak akan terlalu berpengaruh dan tidak masalah untuk kebanyakan orang. 

Salah satu yang penting adalah fitur NFC karena ini sangat dibutuhkan, apalagi untuk pengguna yang suka melakukan transaksi online atau bepergian ke luar kota yang harus membayar e-toll. Fungsi NFC secara umum untuk memudahkan penggunanya melakukan pembayaran e-money.

Fungsinya yang cukup penting di zaman ini membuat hampir semua smartphone keluaran terbaru mempunyai fitur NFC ini. Namun, masih ada saja beberapa HP yang tidak menyediakan fitur ini. 

10. Fitur Lainnya

Reno8 5G dilengkapi dengan berbagai jenis sensor. Pertama yaitu fingerprint yang berada di bawah tampilan. Kemudian sensor lainnya yaitu akselerometer, gyro, compass, dan proximity. Lalu pada bagian speaker, HP ini tersedia fitur loudspeaker. 

Itulah spesifikasi lengkap dari Oppo Reno8 5G yang sudah rilis dan sudah bisa dibeli di Indonesia, baik offline maupun online. Harga Reno8 5G ini untuk memori internal 256 GB sekitar Rp7,4 jutaan.