Smartphone Terkena Air? Ini Cara Efektif Membuat Nyala Kembali

Smartphone merupakan benda paling penting yang hampir tidak pernah lepas dari genggaman tangan. Tak jarang pula Anda membawanya ke tempat-tempat “rawan”, seperti kamar mandi. Bukan tidak mungkin smartphone terlepas dari genggaman, lalu terkena atau terendam air. Linuxamd sangat tidak merekomendasikan untuk merendamnya dengan beras, tapi coba untuk melakukan beberapa hal berikut ini:

1. Keringkan bagian luar smartphone

Segera ambil lap bahan lembut atau kertas tisu untuk mengeringkan bagian luar smartphone. Usap perlahan agar tidak meninggalkan goresan atau merusak ponsel. Pastikan seluruh bagian kering, terutama lensa kamera, area tombol power, speaker, dan lubang port. Anda juga bisa menggunakan cotton buds agar dapat menjangkau air yang masuk ke dalam lekukan-lekukan di body smartphone.

2. Jangan menekan tombol power

Setelah Anda yakin bagian luar smartphone telah kering seluruhnya, jangan pernah coba-coba menekan tombol power untuk menyalakan smartphone. Kondisi smartphone Anda masih belum diketahui tingkat kerusakannya.

3 Diamkan smartphone

Jika Anda telah melakukan pertolongan pertama pada smartphone yang terendam air, selanjutnya tunggu dan diamkan smartphone beberapa saat agar proses pengeringan berjalan alami. Sambil melakukannya, Anda bisa berkunjung ke marketplace atau media sosial Braderparts untuk mencari tahu kemungkinan sparepart yang harus diganti jika smartphone terkena air.

4 Gunakan penyedot debu

Tisu atau handuk tak bisa mengeringkan semua area ponsel. Jangan lupa untuk membersihkan bagian-bagian yang tersisa. Namun, jangan meniupnya.

Alih-alih meniupnya, Anda bisa menggunakan penyedot debu untuk mengeringkannya. Faktanya, penyedot debu dapat menyedot sedikit air dari ponsel tanpa terlalu berisiko.

5 Lepas baterai

Setelah dimatikan, Anda juga harus segera melepas baterai ponsel. Cara ini memastikan bahwa air tak mencapai atau merusak bagian-bagian penting dalam ponsel, yang berisiko menimbulkan kerusakan permanen.

Anda tidak perlu panik saat smartphone terendam atau terkena air. Lakukan langkah-langkah pertolongan seperti di atas dan secepatnya membawa smartphone ke tenaga servis ahli untuk perbaikan sebelum kerusakan bertambah parah. Untuk rekomendasi cara merawat handphone lainnya, Anda dapat melihat website Linuxamd.

Semoga bermanfaat!