Rekomendasi 5 Persiapan Kesehatan sebelum Ibadah Umroh dan Haji Tahun 2023

Selain memilih travel umroh terbaik, Setiap calon jamaah haji perlu untuk mempersiapkan kesehatan sejak jauh hari sebelum berangkat ke tanah suci, serta perlu tahu cara menjaga kesehatan saat berada di sana. Untuk mengetahui seperti apa persiapan dan cara menjaga kesehatan selama ibadah haji, simak penjelasan di bawah ini.

Menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan kesehatan bagi peserta jamaah haji  bertujuan agar seluruh rangkaian ibadah haji bisa berjalan dengan lancar. Dengan kondisi tubuh yang sehat dan prima, Anda akan lebih mampu beradaptasi dengan cuaca dan kondisi di Arab Saudi yang tentu berbeda dengan di Indonesia.

Berikut rekomendasi menjaga kesehatan sebelum berangkat umroh versi hayatun tour:

1 Rutin Berolahraga

Untuk menjaga kebugaran fisik, rutin berolahraga adalah jawabannya. Olahraga tertatur sangat dianjurkan bagi Anda yang ingin berangkat menunaikan ibadah haji. Tidak perlu melakukan jenis olahraga berat, Anda cukup rutin melakukan olahraga ringan, seperti jalan santai, jogging, bersepeda, atau berenang selama 30 menit setiap harinya. Dengan rutin berolahraga, tubuh Anda tidak hanya akan menjadi lebih segar atau dapat mengontrol tekanan dan gula darah saja, namun juga dapat membiasakan tubuh untuk bergerak secara teratur dan tidak kaget saat nanti melaksanakan rangkaian ibadah haji.

2 Vaksinasi meningitis dan influenza

Sejak tahun 2002 lalu, pemerintah Kerajaan Arab Saudi mewajibkan seluruh jamaah haji dari semua negara untuk melakukan vaksinasi meningitis dan influenza. Kedua penyakit yang tersebar melalui virus tersebut sangat berbahaya, sehingga Anda wajib mempersiapkan kesehatan fisik dengan menerima vaksin. Untuk melakukan vaksin, Anda bisa berkunjung ke bandara-bandara yang menyiapkan klinik khusus vaksinasi. Di Jakarta, klinik khusus vaksinasi bisa Anda temukan di Bandara Halim Perdanakusuma dan Rumah Sakit Fatmawati. Biasanya, beberapa biro perjalanan haji juga memasukkan vaksinasi kedua jenis penyakit tersebut dalam paket perjalanan.

3 Cek kesehatan secara menyeluruh

Sebelum menunaikan ibadah haji, Anda juga perlu untuk melakukan cek kesehatan secara menyeluruh. Konsultasikanlah keluhan kesehatan yang mungkin Anda miliki kepada dokter untuk mengatasi dan mempersiapkan fisik Anda dalam kondisi prima. Jangan menyepelekan pemeriksaan secara menyeluruh, karena menderita sakit di Tanah Suci bukan hanya merepotkan, namun juga membuat ibadah haji Anda berjalan tak lancar. Dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh, Anda dapat melakukan antisipasi dan pengobatan dini terhadap penyakit yang mungkin timbul akibat kondisi tubuh yang kelelahan atau akibat kondisi lingkungan yang baru.

4 Buat catatan kesehatan pribadi

Membuat catatan kesehatan pribadi sangat penting dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan kesehatan selama beribadah. Catatan kesehatan ini bisa berisi jenis alergi yang dimiliki, penyakit bawaan yang dialami, serta obat-obatan apa saja yang dikonsumsi.

5 Terapkan pola hidup sehat

Rangkaian ibadah haji akan menguras banyak tenaga, sehingga penting bagi calon jamaah untuk mempersiapkan kesehatan fisiknya sejak jauh hari. Olahraga bisa dimulai kapan saja, tapi lebih cepat lebih baik. Lakukan setidaknya olahraga ringan tetapi rutin, seperti jalan kaki atau bersepeda, selama 30 menit setiap hari.

Selain itu, pastikan Anda mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang untuk menjaga berat badan. Kenaikan berat badan yang terlalu cepat bisa berbahaya bagi tubuh Anda. Selain itu bobot badan yang lebih berat juga bisa membuat Anda lebih cepat lelah selama beribadah.

Dengan melakukan persiapan dan cara menjaga kesehatan saat ibadah haji, diharapkan bisa menjalani ibadah dengan maksimal dan terhindar dari penyakit.

Salah satu travel umroh terbaik yang bisa menemani perjalanan umrohmu makin menyenangkan adalah Hayatun Tour. Dibawah naungan PT Hayatun Thayibah Tour yang berkantor pusat di Bumi Serpong Damai ini juga sudah beberapa kali memberangkatkan jemaah umrah reguler dan plus ke berbagai negara.

Pelayanan untuk dapat beribadah umroh dan haji ke tanah suci dengan umrah super promo relatif murah yang terjangkau, namun tidak mengurangi kenyamanan serta fasilitas terbaik agar suasana ibadah Anda tenang dan menyenangkan.

Kami senantiasa menjaga dengan baik amanah dan kepercayaan umat dengan menyuguhkan pelayanan yang terbaik, mulai dari keberangkatan hingga kembali ke tanah air.

Informasi lebih detail mengenai paket travel umroh terbaik Hayatun Tour bisa Anda lihat disini www.hayatuntour.com

Selamat menikmati ibadah haji & umroh berfasilitas yang NYAMAN dan pastinya TERJANGKAU.