Inilah Sejarah Perkembangan Teknologi di Indonesia

Perkembangan teknologi isu serta komunikasi Indonesia sudah terdapat sejak masa pra-aksara. Lukisan gua pada Sulawesi yg berumur 44.000 tahun menjadi bukti perkembangan informasi dan  komunikasi Indonesia pada masa pra-aksara. di masa kerajaan Hindu-Buddha, perkembangan teknologi dan  info Indonesia poly menerima impak berasal kebudayaan India. Perkembangan teknologi berita serta komunikasi warga  Indonesia antik wifitoto memakai media alamiah seperti batu prasasti, daun lontar, dan  kulit hewan. pada aspek bahasa serta aksara, masyarakat antik Indonesia memakai bahasa sansekerta dan  huruf palawa menjadi indera komunikasi verbal serta tertulis.

Teknologi informasi dan  komunikasi wifitoto  terkini Indonesia sangat terpengaruh sang inovasi-inovasi baru yg terdapat di negara industri Eropa dan  Amerika. Berikut sejarah perkembangan teknologi isu dan  komunikasi modern pada Indonesia : Internet Teknologi internet di Indonesia berawal dari pembuatan Internet Protokol (IP) pada Universitas Indonesia bernama UI-NETLAB di 24 Juni 1988. pada kitab   Perkembangan Teknologi Komunikasi (2017) karya Nurudin, pada tahun 1994, timbul Internet Service Provider (ISP) pertama pada Indonesia yg bernama IndoNet. IndoNet berhasil membangun sambungan awal ke Internet menggunakan menggunakan teknologi dial-up. di tahun 1995, Departemen Pos Telekomunikasi menerbitkan biar   usaha terhadap ISP IndoNet dan  RadNet menjadi bentuk dukungan terhadap perkembangan teknologi internet pada Indonesia.

Dilansir asal Kompas.com, jumlah pengguna internet pada Indonesia di kuartal II 2020 mencapai 196,7 juta jiwa. nomor  tersebut meningkat Jika dibandingkan di 2018, pada mana jumlah pengguna internet pada Indonesia sebesar 171,2 juta jiwa. Radio Perkembangan radio di Indonesia telah terdapat Sejak tahun  1920-an. Pemerintah kolonial Belanda membentuk beberapa stasiun radio di kota-kota besar  mirip Bataviaasche Radio Vereeniging (BRV), Nederland Indische Radio Omroep (NIROM), serta Solosche Radio Vereeniging (SRV). di 11 September 1945, pemerintah Indonesia berhasil mendirikan stasiun radion nasional Indonesia yang dinamakan Radio Republik Indonesia (RRI). RRI mempunyai peran vital pada revolusi kemerdekaan Indonesia. di waktu serangan Militer Belanda II, pemancar RRI pada Wonosari Yogyakarta sebagai alat penghubung utama antara tokoh nasionalis pada Yogyakarta serta Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Bukittinggi.

 Satelit Perkembangan satelit di Indonesia berawal berasal pembangunan Sistem Komunikasi Satelit Domestik (SKSD) Palapa pada masa pemerintahan Orde Baru. Satelit Palapa berhasil diluncurkan di 8 Juli 1976 asal Cape Kenedy, Amerika perkumpulan.

Exit mobile version