Cara-cara Unik Menikmati Green Coffee

Fenomena kafe kekinian memang lagi jadi tren di kalangan masyarakat daftaredctoto. Kopi punya perjalanan yang panjang sebelum akhirnya siap buat kamu nikmati. Setelah dipetik, buah kopi akan melewati tahap processing supaya dikeluarkan biji kopinya. Biji-biji kopi pada tahapan ini dinamakan sebagai green coffee karena warnanya yang hijau.

Biasanya, demi menghasilkan warna biji kopi yang hitam kayak yang kamu kenal selama ini, biji kopi perlu dipanggang terlebih dulu. Tapi, ada juga sebagian orang yang langsung memprosesnya menjadi minuman tanpa melewati pemanggangan terlebih dahulu.

Cara ini tentu akan menciptakan cita rasa yang unik dan cara minum yang berbeda dari minum kopi hitam umumnya. Nah, bagaimana saja cara minum green coffee yang nikmat? Berikut adalah beberapa di antaranya!

Menggiling dan Mengekstraksi Green Coffee

Sebelum membahas cara-cara lainnya yang lebih kompleks, kamu perlu menggiling (grinding) green coffee terlebih dahulu. Dengan cara ini, kamu bebas memilih antara menggunakan grinder manual maupun otomatis. Yang jelas, pastikan green coffee dapat diproses dan berubah menjadi bubuk.

Jika bubuk green coffee udah siap, letakkan pada cangkir dan tuang air panas ke dalamnya. Sebelum menikmatinya, tunggu sebentar sampai ekstrak green coffee menjadi lebih hangat.

Kalau udah siap, kamu akan melihat secangkir kopi yang beda dari kopi biasanya. Bahkan bila dilihat sekilas, ekstrak kopi ini justru terlihat lebih mirip teh. Begitu juga dengan rasanya yang lebih lembut.

Mengekstraksi Tanpa Menggiling Kopi

Cara minum green coffee ini akan berguna bagi kamu yang nggak punya grinder. Soalnya, kamu cuma perlu merendam biji kopi saja! Sayangnya, hal ini berarti waktu ekstraksinya pun akan lebih lama, yaitu sekitar semalaman.

Setelah selesai direndam, pindahkan biji kopi beserta air buat merendamnya ke dalam panci. Setelah itu, godok sampai ekstrak kopi mendidih, lalu tunggu sejenak. Bila udah siap, pindahkan ke dalam cangkir secara perlahan. Kalau perlu, gunakan juga filter supaya lebih mudah memisahkan biji kopi dari air.

Menambahkan Madu atau Kayu Manis pada Ekstrak Kopi

Dengan cara ini, kamu bisa membuat ekstrak green coffee punya sentuhan rasa manis. Madu dan kayu manis punya rasa alami yang manis dengan tekstur yang cukup lembut dan mampu berpadu pada kelembutan ekstrak green coffee kamu. Tapi jika ingin menambahkan kayu manis, pastikan kamu memasukkan parutan, bubuk, atau ekstraknya saja.

Mencampurnya dengan Perasan Lemon, Daun Mint, atau Air Jahe

Kayak yang udah dijelaskan sebelumnya, green coffee punya rasa lembut mirip teh. Kamu juga bisa menambahkan bahan-bahan lainnya yang punya rasa dan aroma yang tajam, kayak perasan lemon yang asam, daun mint yang dingin, atau air jahe yang terasa pedas.

Nah, itulah tadi beberapa cara minum green coffee yang bisa kamu coba. Pada dasarnya, green coffee membutuhkan proses ekstraksi sebelum bisa langsung diminum. Kemudian, lantaran ekstraknya terasa lembut dan nikmat, cenderung nggak punya rasa yang kuat, kamu bisa menambahkan bahan lainnya agar cita rasa ekstrak green coffee jadi lebih kaya. Selamat mencoba, ya!